Sabtu, 25 Juli 2009

Brain Washing

Tadi waktu lagi makan siang, aku sambil nonton berita di SCTV masih tentang bom di Kuningan. Tapi kali ini topik nya lebih seru, gak melulu adegan dan foto2 kondisi hotel yang ditayangin..begh bosen deh klo yang itu.. *maaf tanpa mengurangi rasa turut berduka loh ya*. Topik hari ini mengenai pencucian otak si pelaku teror ini.
Di studio SCTVnya tadi itu kedatangan tamu yaitu salah satu orang yang memang ahli di bidang hipnotis alam bawah sadar(if im not mistake). Bapak ini cerita bagaimana ciri2 orang yang mulai dicuci sedikit demi sedikit pikirannya. Di "cuci" dalam hal ini bukan dicuci bener2 dibersihkan isi pikirannya, tapi lebih kepada dimasukin hal2 baru secara terus menerus dan dengan waktu yg lama kurang lebih 3 tahun.
Nah, yang aku mau ceritain sekarang bukan ttg isi berita hari ini ya, mungkin udh bnyak juga yang nonton kala itu..*cieelleehhh bahasanyee MySpace. Aku jadi inget waktu jaman kuliah semester 3, lagi libur Uas wktu itu, ada seorang temen lama ku di SMA yang ajak ketemuan, aku emang kurang deket sama orang ini, tapi dulu pernah ikut ekskul rohis bareng. Waktu dia ajakin ketemuan dengan alasan kangen, aku tawarin ngajak tmen2 ku yang lain maksdnya biar rame kan gitu yah, tapi dia nolak soalnya dia juga bawa tmennya, takut nanti tmennya jiper ngliat gerombolan si berat petantang petenteng di mall..
Janjian hari besoknya di atrium, ternyata tmen2nya seru2..kita ngbrol ngalor ngidul lama2 ujungnya ke agama, nah disini lah awal dari seglanya..Ternyata dia saat itu kbetulan bawa Quran terjemahan..Aku yang pada dsarnya agak o'on dan polos gak kepikiran apa2 tuh..Tapi tanpa sadar dia mulai sedikit2 cuci otaku dengan isi ayat quran yang sudah diterjemahin dan masuklah aku kedalam jeratan ilmu2nya dan yang setelah itu aku tau aku mulai menjadi salah satu kelompok aliran agama N*I.
As you may know, orang2 yang dicuci otaknya ini gak akan dibiarkan keleleran seorang diri, pasti ditemenin minimal 2 orang. Hidup berkelompok udah jadi keharusan di sini (dan mungkin di dalam kelompok2 aliran agama lainnya yah). Sikap yang ga aku sadari ternyata di mata mama dan anggota kluarga rumah ku adalah aneh. Aku jadi sering nyendiri dikamar, gak banyak omong lagi kyk biasanya, emosian dan jarang ada dirumah. Kenapa?? ya karena ada buanyak agenda yang harus aku ikutin tiap hari. Acara seminar ini, acara seminar itu, perkempulun anggota N*I dari seluruh Indonesia yang wktu itu aku liat Masya Allah..mungkin mencapai ribuan orang dikumpulkan dalam satu wadah. Saat itu aku berpikir, ya aku bnar telah masuk ke sini, aku bukan orang sesat..
Cerita panjang sampe kira2 1 bulan, aku mulai gak tahan dengan rutinias ku itu..aku dipaksa harus bayar ini bayar itu, puasa yang menjadi hutang di bulan ramadhan tidak diperbolehkan diganti dengan membayar puasa di hari setelah bulan ramadhan, laludiganti pake apa?? pake uang..aku disuruh bayar sejumlah uang untuk pengganti puasa. Mereka bilang uang itu untuk pembangunan mesjid di daerah jawa, aku lupa tempat tepatnya..tapi aku masih inget satu hal Al-Qaedah..Aku capek dan takut dengan rutinitas ku ini karena aku harus bolos tiap hari dari kampus..aku kuliah di Tarakanita-sekolah katolik yang semua orang tau kedisiplinan jadi hal utama..mungkin aku termasuk orang2 yang gagal..akhirnya aku keluar dari situ dan syukur alhamdulilah setelah nya itu aku digiring ke tempat yang lebih aman sama mama-ayah ku..Pikiran ku kembali dibenahi dan sampai saat ini lah aku lega meninggalkan segala ajaran itu.
Singkat kata, semua yang dibilang ciri2 orang yang sedang dalam tahap pencucian otak di tv siang itu benar. Waktu aku nonton aku sampe gak abis pikir..hebat memang orang2 ini..mencanangkan program baru kedalam otak kita. Hati-hati yah buat semua orang diluar sana, kita gak akan tau siapa lagi target baru yang sedang "mereka incar".

0 komentar:

Posting Komentar